Berita  

Dorong Perekonomian, Disbudporapar Sumenep Gelar Festival Srikaya

Berita Eksklusif

SUMENEP, Eksklusif.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) setempat, menggelar Festival Srikaya, Kamis (4/4/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Taman Jajanan Masyarakat (Tajamara) jalan Trunojoyo, Sumenep itu merupakan bagian dari pagelaran Sumenep Calendar of Event 2024.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, festival tersebut harus diselenggarakan di kota keris ini. Mengingat, buah srikaya tumbuh besar di Sumenep.

Menurut dia, buah srikaya tidak sembarang tumbuh meskipun mudah menanamnya. Tanah harus cocok. Sumenep merupakan daerah yang cocok ditanami buah tersebut.

“Tujuan dari festival ini untuk mendorong perekonomian masyarakat yang memiliki buah srikaya, sehingga terus tumbuh besar di Kabupaten Sumenep” terangnya.

Bupati berharap, buah srikaya tidak hanya dimakan pada saat panen. Melainkan bisa dijadikan olahan yang menjadi hak paten khas Sumenep.

“Kegiatan serupa direncanakan menjadi agenda tahunan di Kabupaten Sumenep, tepatnya setiap musim penen buah srikaya,” tandasnya.

Sisi lain, Kepala Disbudporapar Sumenep Mohammad Iksan menuturkan, tidak hanya dijadikan festival. Melainkan juga dikemas dengan perlombaan.

“Peserta yang mengikuti lomba makan buah srikaya sebanyak 60 orang dengan melibatkan OPD Kecamatan dan Masyarakat umum,” pungkasnya (Sn/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *