Sungguh Luar Biasa Ketua Maki Jatim Mengadakan Sayembara Video Call Apabila Ada Madumongso, Rengginang, Tetel Ketan Langsung Tf 1 Juta Rupiah

Avatar

Surabaya, Eksklusif.co.id – 1 Syawal 1445 H yang jatuh pada hari Rabu,10 April 2024 menjadi Hari pemersatu semua Umat Islam Indonesia dalam memperingati Idul Fitri.

“Unjung unjung” dalam bahasa Jawa atau bersilaturahmi baik antar tetangga,keluarga,rekan sejawat,teman,saudara menjadi sebuah tradisi dan budaya sesuai dengan apa yang dilakukan Rasulullah SAW dalam memperingati Idul Fitri.

Sajian aneka kuliner dan aneka jajanan akan menjadi primadona yang menghias meja ruang tamu keluarga.

Berkaitan dengan aneka jajanan lebaran,ada yang sudah mulai sangat langka dan sangat jarang dijumpai saat ini dan akan menjadi Headline dalam berita MAKINews.com kali ini.

Apa saja sajian yang langka tersebut,diantaranya adalah MADU MONGSO,RENGGINANG YANG BUKAN PRODUK BELI DAN TETEL KETAN.

1. Madu Mongso
Madu mongso adalah jajanan khas lebaran dan hanya disajikan dalam peringatan Idul Fitri saja.Madu Mongso berasal dari ketan hitam yang mengalami proses “kepelan” dengan cara dicampur gula putih dan ” digongso” sampai menggumpal untuk kemudian akan dikepel masing masing demgan warna warni bungkusan dari kertas klobot warna warni.

 

2. Rengginang
Rengginang yang dibuat sendiri menjadi sajian khas juga dalam sajian lebaran.Rengginang berasal dari beras ketan yang dikukus dulu awalnya,untuk kemudian setelah matang,akam dirangkai seperti rengginang,kemudian dijemur sampai benar benar kering ( biasanya 2 – 3 hari ) dan setelah kering total,rengginang akan siap digoreng untuk kemudian disajikan.

 

3. Tetel Ketan
Tetel saat ini juga menjadi sajian khas yang sudah sangat jarang ditemui pada saat lebaran. Tetel berasal dari beras ketan yang dicampur dengan santan kelapa muda dan dikukus. Setelah dikukus,Tetel yang sudah jadi akan ditumbuk berulang ulang untuk dipadatkan dan siap disajikan dalam bentuk potongan dadu untuk kemudian disajikan dalam kondisi hangat,biasanya berbarengan dengan kopi panas dalam penyajiannya.

 

Dalam melakukan penelusuran,MAKINews.com mencoba untuk komunikasi via telpon dengan semua pengurus MAKI Jatim yang mudik,hanya untuk menanyakan apakah ketiga sajian jajanan diatas saat ini ada dan tersajikan di meja ruang tamu keluarga masing maisng.

Bahkan,Heru MAKI,Ketua MAKI Jatim sampai menyelenggarakan sayembara,dimana apabila dalam video call yang dilakukan MAKINews.com ,tersaji 3 jajanan diatas,Heru MAKI siap memberikan hadiah sebesar 1 juta rupiah yang akan langsung ditransfer.

Hadiah sebesar 1 juta rupiah via transfer itu akan diberikan apabila ada video call langsung dan terlihat 3 jajanan tersebut tersaji dalam meja tamu keluarga masing masing pengurus MAKI Jatim.

Dan setelah berproses,akhirnya dipastikan bahwa dinyatakan TIDAK ADA PEMENANG karena teridentifikasi 3 jajanan diatas yang tersaji berbarengan tidak ditemui dan terlihat,hanya salah satu atau salah dua saja.

” Sebaiknya,dalam open house PJ Gubernur Jawa Timur,ketiga jajanan diatas harusnya tersaji,tapi saya pastikan tidak mungkin ada karena sekelas PJ Gubernur Jawa Timur,Adhy Karyono pun tidak tahu apa itu madu mongso dan tetel ketan,” canda heru MAKI.

Apakah ke 3 sajian jajanan diatas akan tersaji di rumah pembaca,kirim fotonya ke Nomer WA 081337463972 demgan menyertakan foto dan alamat rumah serta nama terang dan akan diberikan hadiah menarik yang akan dikirimkan ke alamat rumah yang ada.Sayembara hanya berlangsung sampai tanggal 13 April 2024,pukul 00:00 WIB.(DEVI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *