Disbudporapar Sumenep: Festival Layangan LED Meriahkan Lebaran Ketupat

Berita Eksklusif

SUMENEP, Eksklusif.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Disbudporapar setempat akan menggelar Festival Layangan LED.

Kegiatan ini akan berlangsung di Pantai Lombang, Kecamatan Batang-batang pada Senin (15/4/2024) malam, pukul 19.00 WIB.

Festival Layangan LED ini diikuti oleh jajaran OPD, pegawai kecamatan, dan umum akan dibuka oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo.

Bupati Fauzi mengatakan, Pantai Lombang menjadi salah satu destinasi wisata untuk penyambutan Diaspora yang sedang mudik.

Sehingga, kata Bupati, bisa mengenalkan destinasi wisata sekaligus memberdayakan pelaku UMKM.

Untuk diketahui, Diaspora adalah penyebaran komunitas masyarakat dari wilayah asal atau adatnya dan menetap di lokasi geografis lain.

“Kegiatan di Pantai Lombang nantinya akan ada penjual makanan, minuman hingga souvenir. Semua akan merasakan dampak positif kegiatan kalender event,” ujarnya, Minggu (14/4/2024).

Menurut Bupati, kedatangan para Diaspora saat mudik tentunya tidak hanya sekedar berkumpul dengan keluarga.

Namun biasanya, pasca lebaran mereka akan berkeliling mengunjungi lokasi wisata yang ada di Sumenep.

Beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi adalah wisata kesehatan Giliyang, wisata snorkling Gili Labak, wisata Cemara Udang Pantai Lombang, wisata Gunung Pasir Salopeng, wisata Bahari Pantai Sembilan Giligenting.

Nantinya, lanjut Bupati, Diaspora bisa menceritakan kepada masyarakat luar terkait wisata, budaya dan kuliner khas Sumenep.

“Karena Diaspora ini juga beragam ada yang pengusaha, ASN, pekerja BUMN dan sebagainya yang merupakan asli Sumenep tapi bekerja di luar daerah,” tukasnya.

Sementara, Kepala Disbudporapar Sumenep, Moh. Iksan menuturkan, Festival Layangan LED akan dilangsungkan pada malam hari, karena berbeda dengan layangan biasanya.

“Nantinya layangan led ini akan dihiasi lampu dan akan nampak indah jika sudah melayang di udara saat malam hari,” ujarnya.

Iksan menambahkan, demi kesuksesan acara itu, pihaknya akan menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kecamatan Batang-Batang yang berada di sekitar Pantai Lombang.

Pemilihan Pantai Lombang sebagai lokasi Festival Layangan LED ini sekaligus untuk memenuhi target perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) selama Lebaran Ketupat.

“Target khusus Pantai Lombang saat momen lebaran untuk PAD kita kisaran Rp80 juta,” pungkasnya. (Sn/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *