Politik

Rapat Pleno Terbuka, KPU Jatim Telah Tetapkan Nomor Urut Pasangan Cagub-Cawagub Jatim 2024

3292
×

Rapat Pleno Terbuka, KPU Jatim Telah Tetapkan Nomor Urut Pasangan Cagub-Cawagub Jatim 2024

Share this article
Keterangan Foto: Pasangan Cagub - Cawagub Jatim Saat Mengambil Nomor Urut Yang Dirapat Pleno Terbuka KPU Jatim

Surabaya, eksklusif.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Surabaya, Senin (23/9/2024) pukul 14.00 siang. Dalam rapat pleno terbuka tersebut, dibuka oleh Ketua KPU Jatim yang juga membacakan tata tertib serta mekanisme pengambilan nomor urut untuk kontestasi Pilkada Jatim 2024.

“Rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut dinyatakan dibuka dan terbuka untuk umum,”katanya.

Hasil rapat pleno yaitu, Duet Calon Gubernur (Cagub) – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim (LUMAN), mendapatkan nomor urut 1. Pasangan ini mendapat dukungan dari partai politik (parpol) pemenang Pileg Provinsi Jatim, PKB, Kemudian, pasangan Cagub Khofifah Indar Parawansa dan Cawagub Emil Elestianto Dardak yang mendapatkan dukungan hingga 14 parpol, mendapatkan  nomor urut 2. Cagub Tri Rismaharini (Risma)- Cawagub Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) mendapatkan nomor urut 3. Duet ini diusulkan gabungan PDIP dan Hanura, serta didukung Partai Ummat.

“Setelah kemarin tiga paslon ditetapkan, pada Senin 23 September 2024 hari ini akan dilakukan pengundian nomor urut bagi tiga pasangan calon dan, kemudian besok atau selasa 24 September 2024 akan dilakukan Deklarasi Kampanye Damai di Tugu Pahlawan Surabaya. Baru pada Rabu 25 september lusa dilakukan tahapan kampanye hingga 23 November 2024,” katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Jatim Choirul Umam dalam kesempatan itu membacakan tata tertib dan mekanisme pengundian nomor urut pasangan calon. Pengambilan nomor urut dilakukan sesuai dengan urutan pendaftaran ke KPU Jatim, yakni pertama dilakukan oleh Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, kemudian Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta dan terakhir Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim. Saat pengambilan nomor antrean, Emil Dardak mengambil nomor 1, dilanjutkan Gus Hans yang mendapat nomor 2 dan Lukman mendapat nomor 6.

“Kesempatan mengambil nomor urut diberikan pada yang mendapat nomor paling kecil,” kata Umam.

Setelah pengambilan nomor urut tersebut, Khofifah Indar Parawansa memperoleh nomor urut 2, Tri Rismaharini mendapat nomor urut 3 dan Luluk memperoleh nomor urut 1 untuk berkontestasi dalam Pilkada Jatim 2024. (Wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *