Sidoarjo, eksklusif.co.id – Proses pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) serta SWDKLLJ Samsat Krian Sidoarjo semakin meningkat dan cepat, peningkatan pelayanan pembayaran (PKB) ini di terapkan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan Pembayaran Kendaraan Bermotor.
Dengan metode-metode yang diterapkan Samsat Krian di harapkan masyarakat wajib pajak bisa taat dan patuh melakukan pembayaran pajak, Samsat Krian melakukan sosialisasi pemberitahuan pada wajib pajak yang belum mengetahui apa saja bisa di layani secara administrasi di Samsat induk yaitu :
1.Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)
2.Pengesahan STNK Tahunan
3.Registrasi Kendaraan dan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) 5 tahunan
4.Proses Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) atau Kendaraan Baru (BBN 1)
5.Proses ganti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BBN 2)
6.Proses Mutasi Kendaraan Bermotor baik dari luar (mutasi masuk) maupun yang akan ke luar (mutasi keluar)
7.Pencetakan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) atau bukti pembayaran PKB setelah melakukan pembayaran di e-SAMSAT
8.Pencetakan STNK duplikat karena kehilangan STNK yang lama.
Tidak hanya itu Samsat Krian melayani pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui online dan juga menyediakan Pelayanan Samsat Keliling untuk warga yang sibuk beraktifitas dan tidak ada waktu untuk melakukan pembayaran (PKB) di Samsat Induk.
Saat ditemui awak media Eksklusif.co.id salah satu masyarakat yang mengaku warga Krian Sidoarjo menyampaikan,”Sekarang pelayanan pembayaran semakin cepat dan juga mudah di Samsat Krian”, terangnya. (17/02/2025)
“Petugas pelayanannya juga sopan, ramah-ramah dan cepat, tinggal kita daftarkan berkas kendaraan bermotor kita di bagian cek fisik. sambil menunggu sebentar diproses cek fisik kendaraanya dan langsung bisa melanjutkan proses di loket penelitian, Kasir, cetak STNK, cetak TNKB. Pokoknya saya pribadi puas dengan pelayanannya“, pungkasnya.
“Kami selalu berupaya meningkatkan pelayanan untuk pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor, khususnya kami terapkan pelayanan yang baik, ramah, sopan, cepat dan tak berbelit-belit supaya Masyarakat merasa nyaman”, ucap salah satu petugas Samsat Krian.
Petugas juga selalu bersikap terbuka kepada semua wajib pajak. Apabila mereka merasa ada yg belum paham terhadap prosedur di pengurusan kendaraan baik R2 (Roda dua) maupun R4 (Roda Empat).
“Harapan kami peningkatan layanan ini bisa mengedukasi terhadap wajib pajak kendaraan bermotor untuk lebih paham bagaimana proses pengurusan administrasi yang harus dilakukan oleh wajib pajak”, tuturnya. (Red/Muis)