Pemerintah

Jokowi Beri Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti ke 7 Satker Polri 14 Oktober

543
×

Jokowi Beri Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti ke 7 Satker Polri 14 Oktober

Share this article
Keterangan Foto: Jokowi Beri Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti ke 7 Satker Polri

Jakarta, eksklusif.co.id – Direncanakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri apel Gelar Pasukan Pengamanan Pengambilan Sumpah Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. Jokowi akan hadir untuk memberikan Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti kepada 7 Satuan Kerja (Satker) Polri dalam apel tersebut.

“Adapun dalam apel Gelar Pasukan Pengamanan Pengambilan Sumpah Presiden dan Wakil Presiden terpilih nanti, Bapak Presiden akan memberikan Tanda Kehormatan kepada 7 Satker Polri,” kata Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol Dedi Prasetyo di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, pada hari Jumat (11/10/2024) yang lalu.

Adapun ke Tujuh Satuan Kerja (Satker) yang menerima Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti, adalah Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korbrimob Polri, Divisi Hubungan Internasional Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Antiteror Polri dan Pusdokkes Polri.

Sedangkan Nugraha Sakanti merupakan Tanda Kehormatan yang diberikan kepada sebuah Kesatuan Polri. Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti diberikan kepada Satuan Kerja yang dinilai telah Berjasa di Bidang Kepolisian yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

Namun perlu diketahui, sebelum Polri melaksanakan Gladi Bersih Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pengambilan Sumpah Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Mako Brimob, Kelapa Dua hari ini.

Maka apel Gelar ini yang bertujuan untuk memastikan Kesiapan Polri dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), yaitu dalam mendukung Kelancaran Pengambilan Sumpah Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Sedangkan sesuai Jadwal KPU dalam Pelantikan tersebut, akan dilaksanakan pada hari Minggu, 20 Oktober 2024.

Dalam hal ini, Gladi Bersih dilaporkan dipimpin langsung oleh Astamaops Polri Komjen Pol Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca, M.Hum.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Pejabat Utama (PJU) Polri, yakni Dankor Brimob Komjen Pol Drs. Imam Widodo, M.Han, Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si, M.M, Kadensus 88 Antiteror Polri Irjen Pol Drs. Sentot Prasetyo, S.I.K, Kapusdokkes Polri Irjen Pol Dr. dr. Asep Hendradiana, Sp.An-TI, Subsp.IC, M.Kes dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Dr. Drs. Aan Suhanan, M.Si.

“Total ada 7.000 personel pasukan,” kata Irjen Pol Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si, M.M saat di lokasi.

Sedangkan nampak berjajar dilapangan Apel Korps Brimob Polri tersebut ada sederetan 14 Batalyon, Satuan Kerja (Satker) Polri dalam berbaris. Adalah terdiri dari Korbrimob Polri, Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Antiteror Polri, juga dari Divisi Hubungan Internasional Polri dan Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri.

Kegiatan tersebut juga melibatkan dari Pasukan Polwan Republik Indonesia, Pasukan dari Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri, yaitu Taruna Akademi Kepolisian (Akpol), dari Siswa Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdiklat Polri dan juga dari Mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). (Bertus/Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *