Nusantara

31 Warga Desa Rejoso Terima Bantuan BLT DD Tahap ke 4, 5 dan 6 Sekaligus Per-KPM

858
×

31 Warga Desa Rejoso Terima Bantuan BLT DD Tahap ke 4, 5 dan 6 Sekaligus Per-KPM

Share this article

Blitar, Eksklusif.co.id – Hari ini 31 warga Kelompok Penerima Manfaat (KPM) Desa Rejoso Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar terima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BL-TDD) tahap ke 4, 5 dan 6, yakni untuk bulan April, Mei dan Juni dari Pemerintah Desa Rejoso, Jum’at (28/6/2024).

Dalam penyaluran bantuan BLT DD tersebut Pemerintah Desa (Pemdes) Rejoso menyerahkan bantuan BLT DD kepada masing-masing KPM sebesar Rp.900 ribu setiap KPM untuk tiga bulan sekaligus didampingi oleh pendamping desa bersama dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa, BPD dan koordinator pendamping dari Kecamatan, bertempat di Aula Kantor Desa Rejoso.

Kepala Desa Rejoso Wawan Aprillianto melalui Sekretaris Desa Yuwono menuturkan, “Bantuan Langsung Tunai Dana Desa senilai Rp 900 ribu per-KPM ini diperuntukkan sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap warga kurang mampu untuk waktu selama 3 bulan April, Mei dan Juni,” tuturnya.

Penyaluran tahap 4, 5 dan 6 BLT DD ini merupakan salah satu program yang diprioritaskan untuk dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia (RI) Nomor 146 Tahun 2023 tentang Pengalokasian Dana Desa Setiap Desa, Penyaluran, Dan Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2024 Pasal 16 ayat 2 huruf a.

Program ini menyasar setidaknya 5 kategori sesuai PMK 146 tersebut. Yaitu (1) kehilangan mata pencaharian; (2) mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis dan/ atau difabel; (3) tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan; (4) rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia; dan/ atau (5) perempuan kepala keluarga dari keluarga miskin.

Diharapkan program ini tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam rangka mendukung penurunan persentase tingkat kemiskinan ekstrim.

“Kami sampaikan kepada para KPM agar bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin supaya bermanfaat sebagaimana mestinya,” Pungkasnya. (Asrofi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *