Sidoarjo, ekslusif.co.id – Sejumlah Tim Independen Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi (PKRI) Pelayanan Publik Tahun 2024 melakukan evaluasi Pembinaan Inovasi Pelayanan Publik hasil Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). Salah satu yang dievaluasi adalah Pelayanan Publik di Polresta Sidoarjo, Polda Jawa Timur. Sejumlah inovasi yang berasal dari Top Inovasi KIPP sejak Tahun 2014 hingga 2023, juga Inovasi hasil Replikasi dari Top Inovasi KIPP terus di Evaluasi. Salah satunya adalah Layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online Polresta Sidoarjo, Polda Jawa Timur.
Setelah melalui Tahap Desk Evaluasi, Presentasi dan Wawancara terhadap Layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online Polresta Sidoarjo, Polda Jawa Timur Tahap Verifikasi dan Observasi Lapangan dilakukan oleh Tim Penilai Independen dari Kementerian PANRB, pada hari Rabu (24/7/2024). Tim Penilai Independen PKRI Pelayanan Publik yang datang ke Polresta Sidoarjo, Polda Jawa Timur diketuai oleh Dr. Amril Hans bersama anggotanya Dr. Sawitri Budi Utami dan Dr. Hendri Koeswara. Turut hadir untuk mendampingi mereka, yakni Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Christian Tobing, S.I.K, M.H, M.Si beserta Pejabat Utama (PJU) Polresta Sidoarjo dan Sekda Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati.
Di hadapan Tim Penilai Independen PKRI Pelayanan Publik dan Kementerian PANRB, perkembangan Layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online Polresta Sidoarjo, sejak Tahun 2016 hingga kini disampaikan. Pemantauan dan wawancara Pengurus SKCK di MPP Lingkar Timur dan Pasar Porong juga dilakukan. Setelah itu, Tim Penilai Independen PKRI meninjau langsung Layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online Polresta Sidoarjo di Mall Mini Pelayanan Polri (MMPP).
Terkait terobosan Pelayanan Masyarakat Pengurusan SKCK di Polresta Sidoarjo, hal ini mendapatkan Respon Positif dari Ketua Tim Penilai Independen PKRI Dr. Amril Hans. Maka Tim Penilai Independen PKRI Dr. Amril Hans mengapresiasi tersedianya Sarana Prasarana yang Ramah bagi Kelompok Rentan di MMPP Polresta Sidoarjo maupun Kemudahan dan Kecepatan Layanan Pengurusan SKCK yang diperoleh Masyarakat. “Kami lihat langsung Layanan SKCK Online Polresta Sidoarjo beserta Fasilitas penunjang bagi Masyarakat sudah bagus, bahkan Kepuasan Masyarakat pun diukur melalui Indek Kepuasan Masyarakat,” kata Amril Hans di lokasi SKCK Online, Polresta Sidoarjo, Jawa Timur, pada hari Rabu (24/7/2024).
Menurutnya, SKCK Online ini masih sama baiknya. Amril Hans mengatakan, bahwa Pelayanan yang terus dilakukan selama 24 Jam, maka hal ini sangat bisa Memudahkan Masyarakat yang hendak melakukan Pengurusan. “Terlebih SKCK ini kan memang sangat dibutuhkan oleh Warga,” paparnya. Selain itu Tim Verifikasi PKRIPP Kemenpan RB juga meninjau Mall Pelayanan Publik (MPP) Polresta Sidoarjo. Menurutnya pria yang juga Pengamat Kebijakan Publik Universitas Hasanuddin Makassar ini, Pelayanan sudah Terbilang Lengkap dan Terpadu dalam Satu Gedung atau Satu Atap.
Bahkan Amril juga menyoroti Sarana dan Prasarana untuk Warga Disabilitas yang hendak melakukan Pengurusan SKCK Online dan hal lainnya di MPP Polresta Sidoarjo, Polda Jawa Timur. Selain Pemantauan Keberlanjutan, ada juga beberapa ide Inovasi Baru yang diberikan kepada pihak Polresta Sidoarjo, Polda Jawa Timur. “Selain melakukan Pengecekan, kita juga berikan ide Inovasi Baru yang bisa memudahkan Warga mendapatkan Pelayanan dari Polresta Sidoarjo, Polda Jawa Timur ini,” tutur Amril Hans.
Salah satunya adalah Surat Curhat untuk Kapolresta Sidoarjo. Menurutnya dari Curhat atau Keluhan itu bisa Ditindak-lanjuti dengan Kunjungan dan Membuat Forum untuk Membantu Penyelesaian masalah di Masyarakat. Dalam melakukan Terobosan Pelayanan Publik SKCK Online dan SKCK Keliling Online, Polresta Sidoarjo, Polda Jawa Timur juga mengacu pada Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dikaji setiap Minggu, serta Masukan maupun Keterlibatan dari Stakeholder terkait. Kapolresta Sidoarjo, Polda Jawa Timur Kombes Pol Christian Tobing, S.I.K, M.H, M.Si mengungkapkan, bahwa segala Masukan dan Evaluasi dari Tim Verifikasi PKRIPP akan dia Tampung dan akan Diperbaiki.
“Maka dari Kritik dan Saran Masyarakat terhadap Layanan Polresta Sidoarjo, membuat kami akan terus melakukan Perbaikan dan Terobosan Pelayanan Publik. Harapannya dari Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2024 Kementerian PANRB diperoleh hasil maksimal bagi SKCK Online dan SKCK Keliling Online,” tutup Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Christian Tobing, S.I.K, M.H, M.Si. (Red)