DPR

Fokus Kesejahteraan Masyarakat, DPRD Sidoarjo Tingkatkan RAPBD 2025

532
×

Fokus Kesejahteraan Masyarakat, DPRD Sidoarjo Tingkatkan RAPBD 2025

Share this article
Keterangan Foto: DPRD Sidoarjo Tingkatkan RAPBD 2025

Sidoarjo, eksklusif.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidoarjo menggelar rapat paripurna yakni membahas terkait RAPBD 2025.

Abdillah Nasih, Ketua DPRD Sidoarjo menjelaskan dalam sidang paripurna bahwa  kesepakatan bersama didalam penyusunan RAPBD untuk meningkatkan pendapatan daerah.  Abdillah Nasih menekankan pentingnya kerja sama antara berbagai pihak untuk mencapai target pendapatan yang optimal.

“Dari sisi belanja, perlunya evaluasi terhadap pengeluaran yang tidak efisien. Teman-teman hari ini dalam rangka juga mengevaluasi sekiranya ada belanja-belanja yang tidak efisien, tidak efektif,” ungkapnya saat ditemui usai rapat paripurna di DPRD Sidoarjo, Senin (21/10/2024).

Abdillah Nasih juga menjelaskan, peningkatan pendapatan tentunya akan berimbas pada kemampuan daerah untuk memenuhi berbagai kebutuhan belanja. Sebab jika ada pendapatan, maka tentu dapat digunakan untuk belanja keperluan yang lain.

Adapun, Abdillah Nasih menekankan jika belanja anggaran tahun 2025 harus tepat sasaran. Sekaligus dapat memberikan solusi nyata serta manfaat bagi masyarakat. Abdillah Nasih juga menguraikan jika program-program harus berkesinambungan dengan kegiatan sebelumnya.

Evaluasi yang komprehensif diperlukan untuk memastikan bahwa setiap belanja mendukung keberlanjutan program yang ada dan sudah terencana.

“Peluang-peluang bantuan anggaran dari provinsi maupun pusat yang sebenarnya sangat banyak,” urainya.

Oleh karenanya, ia mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan komunikasi dengan pemerintah pusat. Supaya dapat memaksimalkan potensi dana yang ada. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengingatkan, pentingnya menjalin kerja sama dengan pihak ketiga untuk mendukung pembiayaan dan pembangunan daerah.

“Jika memang ada pihak ketiga maupun lainnya, kita harus memanfaatkan kesempatan itu,” tutupnya. (Ali)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *