Pemerintah

Kualitas Air dan Debit Sungai Pelayaran Menurun, Produksi Air PDAM Sidoarjo di IPA Tawangsari Terdampak

564
×

Kualitas Air dan Debit Sungai Pelayaran Menurun, Produksi Air PDAM Sidoarjo di IPA Tawangsari Terdampak

Share this article
Keterangan Foto: Kualitas Air dan Debit Sungai Pelayaran Menurun, Produksi Air PDAM Sidoarjo di IPA Tawangsari Terdampak.

Sidoarjo, eksklusif.co.id – Warga Oasis Village Lega karena pasokan Air Bersih Terjamin. Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Delta Tirta atau PDAM Sidoarjo menghadapi tantangan serius. Didalam menjaga ketersediaan air bersih bagi masyarakat. Hal itu disebabkan oleh surutnya debit air di Sungai Pelayaran yang menjadi sumber utama bahan baku untuk Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tawangsari. Akibatnya, produksi air bersih di IPA Tawangsari biasanya 850 liter per detik (lps). Saat ini hanya mampu mencapai 550 liter per detik. Angka itu jauh di bawah kapasitas normal.

Direktur Utama Perumda Delta Tirta Sidoarjo Dwi Hary Soeryadi mengungkapkan bahwa penurunan debit air itu terjadi akibat berkurangnya elevasi air di Dam Lengkong sebagaimana informasi yang diterima dari Perum Jasa Tirta (PJT). “Elevasi di Dam Lengkong saat ini memang sedang menurun sehingga aliran ke Sungai Pelayaran pun berkurang. Dampaknya, produksi air di IPA Tawangsari berkurang,” jelasnya. Lebih lanjut, Dwi menyatakan bahwa pihaknya terus berupaya untuk meminimalisir dampak dari kondisi tersebut. “Kami terus berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait, termasuk Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Jawa Timur. BBWS Jatim saat ini sedang berupaya melakukan lokalisasi aliran untuk mengarahkan lebih banyak air ke Sungai Pelayaran,” tambahnya.

Dwi juga menjelaskan bahwa meski produksi air berkurang, pihaknya berkomitmen untuk memastikan pelayanan kepada pelanggan tetap berjalan dengan baik. “Kami memahami bahwa ini adalah situasi yang sulit, terutama bagi masyarakat yang sangat bergantung pada pasokan air bersih dari PDAM. Oleh karena itu, kami berusaha keras untuk mencari solusi yang terbaik dan tercepat,” katanya. Selain itu, Perumda Delta Tirta Sidoarjo juga telah menyiapkan sejumlah langkah solutif termasuk penyediaan air tangki untuk warga yang terdampak. Sebab aliran air di sekitar Kecamatan Taman dan Waru mengecil hingga tidak mengalir.

Sebagai penutup, Dwi menegaskan bahwa Perumda Delta Tirta Sidoarjo akan terus berkomitmen untuk menjaga ketersediaan air bersih bagi seluruh pelanggan. “Ini adalah prioritas utama kami. Kami berharap situasi ini bisa segera teratasi dan kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas pengertian dan dukungan yang diberikan,” tutupnya. (Ali)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *