Pemerintah

Kades Berharap Bisa Tingkatkan Perekonomian dan Pendapatan Desa 

577
×

Kades Berharap Bisa Tingkatkan Perekonomian dan Pendapatan Desa 

Share this article
Keterangan Foto: Kades Berharap Bisa Tingkatkan Perekonomian dan Pendapatan Desa.

Sidoarjo, eksklusif.co.id. – Peresmian Gedung yang ada di atas lahan seluas 800 meter persegi, gedung serbaguna Pulo Kencana milik Desa Rangkah Kidul Kecamatan Sidoarjo Kota yang telah diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sidoarjo, Dr. Tirto Adi, M.Pd., Jumat (5/7/24) malam. Persemian menampilkan tarian remo dan pagelaran wayang kulit oleh dalang Sigit Harimurti dengan lakon Krisna Gugah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam sambutannya, Kepala Desa Rangkah Kidul, H. Warlheiyono, menyampaikan, keberadaan gedung serbaguna ini yang memiliki luas lahan 800 meter persegi bisa difungsikan oleh warga Desa Rangkah Kidul yang mana, memang sudah diimpikan sejak lama. Namun pembangunan gedung serbaguna baru bisa direalisasikan dan Alhamdulillah bisa diresmikan malam ini. “Sebenarnya pembangunan ini sudah dimulai sejak tahun lalu.

Alhamdulillah tahun ini bisa direalisasikan dan diresmikan. Semoga keberadaan gedung ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya warga Rangkah Kidul,” ujar Lurah Bolet, biasa disapa. Masih kata Warlheiyono, dalam pembangunan gedung serbaguna tersebut. Pihak Desa mendapat kompensasi dari hasil tukar guling tanah TKD. Dengan salah satu perusahaan yang terletak di kawasan Desa Rangkah Kidul yang disponsori oleh BPD, LPMD yang guyub rukun bisa melaksanakan musyawarah.

Alhamdulillah! Rangkah kidul bisa membangun. Kompensasi itu. Selanjutnya digunakan untuk pembangunan gedung serbaguna serta perluasan masjid. “Untuk pembangunan gedung serbaguna anggarannya Rp3 miliar. Sedangkan perluasan masjid sekitar Rp2 miliar. Aset tambah 82 hektar tambak dan sawah aset Rangkah Kidul,” ungkap Warlheiyono. Nantinya, gedung serbaguna tersebut diperuntukkan kebutuhan atau hajat warga. Baik futsal, voli, maupun hajatan nikah warga.

Namun untuk warga lain, pihak Desa menerapkan sistem sewa, sehingga anggaran yang masuk tersebut dapat meningkatkan perekonomian dan pendapatan Desa. “Insyaallah nantinya gedung ini akan dikelola oleh BUMDes. Kami terbuka siapapun yang akan menggunakan gedung ini. Tapi untuk warga diluar Desa Rangkah Kidul tetap ada sewa agar dapat meningkatan pendapatan Desa,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sidoarjo, Dr. Tirto Adi, M.Pd., dalam sambutannya berpesan, dengan diresmikannya gedung ini, mari tingkatkan guyub rukun, karena Sidoarjo milik kita. “Walaupun kita berbeda pendapat tetapi tetap satu juga, NKRI harga mati, dan dengan adanya pagelaran wayang kulit oleh dalang Ki Sigit Harimurti dengan lakon Krisna Gugah, telah resmi dibuka gedung serbaguna yang di namai Gedung Pulo Kencono. Semoga dapat di nikmati oleh warga Rangkah Kidul,” terangnya.

“Alhamdulillah ini merupakan pagelaran wayang yang ke empat dari dua belas pergelaran,karena salah satu tugas-tugas Diknas memajukan budaya dan pada satu momen inilah yang harus nguri-nguri budaya, harus dilestarikan,” pungkas Tirto. Hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sidoarjo. Dr. Tirto Adi, M.Pd., Camat Sidoarjo Kota Gundari, Danramil 0816/01 Sidoarjo, Kapten Chb. Kasmuri, Kapolsek yang diwakilkan, Kepala Desa Sekdes dan tamu undangan yang lain.” Tegas Tirto Ady. (Ali)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *