Pemerintah

Senam Bersama ASN Sidoarjo Kembali Aktif Ditambah Pemeriksaan Kesehatan Gratis

548
×

Senam Bersama ASN Sidoarjo Kembali Aktif Ditambah Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Share this article
Keterangan Foto: Senam Bersama ASN Sidoarjo Kembali Aktif Ditambah Pemeriksaan Kesehatan Gratis.

Sidoarjo, eksklusif.co.id. – Gerimis tidak menyurutkan semangat para ASN Sidoarjo untuk berolahraga. Jam 6 pagi mereka sudah berdatangan ke Alun-alun Sidoarjo, Jumat, (28/6). Senam rutin Jumat pagi yang kini kembali digelar sejak Covid19 lalu sempat vakum. Tampak hadir Sekda Sidoarjo Dr. Fenny Apridawati S.KM,M.Kes berjejer dengan para kepala OPD mengikuti senam bersama tersebut. Satu instruktur senam dihadirkan. Kompak, seluruh ASN mengikuti gerakannya dengan energik. Dinas Kesehatan Sidoarjo menggunakan momen ini untuk pemeriksaan kesehatan gratis di paseban Alun-alun. Ada pemeriksaan tensi darah dan gula darah gratis. UTD PMI Sidoarjo turut menggelar donor darah. Para ASN Sidoarjo antusias memeriksakan kesehatannya. Tidak sedikit pula yang ikut antri mendonorkan darahnya.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo dr. Lakhsmie Herawati Yuwantina M.Kes merasa senang bisa menyiapkan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para ASN. Menurutnya ini menjadi bagian dari mewujudkan Sidoarjo sehat. “Setiap ada kegiatan senam rencananya ada pemeriksaan kesehatan, nanti akan kami gilir dari 31 Puskesmas untuk memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan seperti ini, ” ucapnya usai ikut juga memeriksakan kesehatannya di paseban Alun-alun pagi tadi. dr. Lakhsmie mengatakan pemeriksaan kesehatan secara rutin perlu dilakukan. Berbagai gejala gangguan kesehatan dapat segera diketahui. Sehingga resiko penyakit dapat segera dicegah.

Oleh karena itu, moment pemeriksaan kesehatan gratis seperti ini diharapkannya dapat dimanfaatkan dengan baik. “Kita ini kadang tidak aware pada kesehatan, Oleh karena itu kalau ada moment seperti ini harus dimanfaatkan sehingga kita akan tahu kesehatan kita masing-masing,”ujarnya. Dikatakan juga pemeriksaan lanjutan perlu dilakukan. Tidak berhenti sampai disini jika hasil pemeriksaan kesehatannya buruk. Dimintanya segera datang ke Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya. Dengan begitu kondisi kesehatan yang sebenarnya dapat diketahui. “Kalau disini misalnya ada tanda tensinya meningkat, atau tensinya rendah atau gula darahnya tinggi sebaiknya tidak berhenti sampai disini saja. Silahkan dilanjutkan pemeriksaan ke Puskesmas terdekat atau fasilitas kesehatan,”pesannya.

dr. Lakhsmie mengakui beban pekerjaan ASN cukup berat. Oleh karenanya kesehatan wajib dijaga. Salah satunya dengan gaya hidup yang benar. Pola makan, istirahat dan olahraga harus seimbang. “Makanannya harus dijaga, komposisinya harus dijaga, kemudian olahraganya harus rutinDan istirahatnya harus cukup karena kita tahu beban pekerjaan ASN itu juga berat. Oleh karenanya harus diikuti dengan life style yang bagus,”pesannya. Suharti, salah satu ASN Dinas Kominfo Sidoarjo gembira pelaksanaan senam bersama kembali rutin digelar di Alun-alun Sidoarjo. Tidak hanya sehat yang didapat saat senam bersama Jumat pagi itu, namun meningkatkan keguyuban antara seluruh ASN Sidoarjo. Silaturahmi dengan ASN dari 31 OPD dapat tetap terjaga. “Selain sehat kita juga dapat bersilaturahmi dengan teman-teman lama yang dulu pernah sekantor namun sudah dimutasi ke OPD lain,” ucapnya. (Ali)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *